Monday, January 10, 2005

Suatu pemikiran

aku takut hari itu tiba
saat di mana hanya ada aku dan gelapnya malam
tanpa ada tawa matahari yang mewarnai hari
saat itu nampak begitu jauh
namun hanya dalam sekejap telah dekat


Gue lagi banyak pikiran, pusing. Makin gede urusan makin repot, masalah makin banyak. Dulu waktu gue masi kecil rasanya pengen banget cepet gede, kalo ultah senengnya bukan maen. Tapi entah sejak kapan, mungkin sejak kelas 2 SMP, gue ga suka sama yang namanya ultah, soalnya pertanda gue makin tua, dengan kata lain masalah tambah banyak. Apalagi sejak kelas 3 SMA, dikit banget yang inget ma ultah gue, makin ga suka lagi dah.

Pacaran. Kalo uda gede pacaran emang makin repot. Jaman-jaman SMP suka ya jadian, ga cocok putus. Ga jadi masalah mo beda cita-cita, beda hobi, beda prinsip, beda negara, beda agama, dan beda-beda lainnya. Tapi kalo uda gede, segala sesuatu uda mesti dipikirin dong, apalagi kalo uda menyangkut masa depan, karir atau cinta? Apalagi buat cewe, pasti akhirnya karir akan terbentur juga sama urusan berkeluarga. Karena ga mungkin dapetin dua-duanya setinggi-tingginya, pada akhirnya harus ngorbanin salah satu. Kalo emang mo karir setinggi langit maka ga bisa berkeluarga atau keluarga jadi kurang perhatian. Kalo mo ngurusin keluarga dengan baek maka ga bisa berkarir atau karirnya biasa-biasa aja, ga sampe mentok tinggi. Ga usah jauh-jauh urusan itu de, kalo bidang talentanya laen aja bisa jadi susah. Soalnya bidang yang satu bagusnya di daerah sini, bidang laennya bagusnya di daerah sana, akhirnya harus pisahan kan. Dan gue takut banget sama yang namanya jarak jauh, karena uda terbukti pacaran jarak jauh banyak yang gagal. Emang kata-kata bijak menyebutkan kalo uda jodoh pasti ada jalannya, kalo sampe harus pisah namanya bukan jodoh. Cuman tetep aja, pikiran gue ga sampe sebijak itu.

Idup sendiri. Banyak hal dan pelajaran yang gue dapet dari tinggal sendirian, apalagi jauh dari ortu, paling pol ortu cuma bisa kasi dukungan moral. Mo minta duit juga ga bisa sekejap langsung dapet, harus tunggu kirimannya dateng, bisa makan waktu sebulan kali. Lagian cari duit ga gampang, apalagi uang sekolah gue yang aujubile amit-amit mahalnya itu. Awal-awal dateng semua harga gue ukur dalem rupiah yoolohhhhhhh.... sengsara. Kk ma bokap gue bilang kalo gue terus-terusan ngitung dalem rupiah bisa-bisa ga makan. Setelah kerja dapet gaji wuiihhh seneng bener, apalagi pas gaji pertama. Walopun ga bisa dibilang banyak, tetep aja gaji pertama gitu lho. Abis itu ya lumayanlah, beli apa-apa ga seberapa mo nangis kaya dulu. Tapi baru-baru ini, liburan kan gue ga ada kerja. Trus bayar uang sekolah sama asrama pula. Beeeee.... sengsaranya kambuh lagi. Sekarang mo beli makanan ma minuman aja uda mulai sekarat lagi. Gue bener-bener butuh kerja!

Ga tau karena kita uda bertambah dewasa atau emang masalah cara idup di sini aja, yang gue rasain si ga pernah ada temen yang bisa cocokan gila-gilaan sedih-sedihan seneng-senengan bareng kaya di Indo dulu. Awal-awal rasanya sumpek banget, curhat gini dibilang gitu, curhat gitu dibilang gini, maksudnya mereka ga pernah bisa ngertiin gue gitu lho. Kerasanya apa-apa gue salah. Cuman makin lama gue makin biasa. Sekarang gue uda belajar, gue harus bisa urus diri gue sendiri, ga pake macem-macem *****-bengek dari orang laen. Toh percuma juga mereka ga ngerti apa yang gue mau. Seperti kata Bung Karno berdikari alias berdiri di atas kaki sendiri.

No comments:

Post a Comment