Monday, May 11, 2009

Daging vs Saos

Pada umumnya, kalo makan di restoran Asia di sini, nasi putih itu gratis. Mau nambah nasi putih sebanyak apa pun nggak usah bayar. Kadang, ada juga restoran yang gratis nasi sepiring kalo beli lauknya (atau harganya paket, udah termasuk nasi dan lauk), tapi kalo mo nambah nasi harus bayar ekstra. Yang pelit? Ada juga. Nasi nggak termasuk di harga lauknya, jadi harus beli secara terpisah. Emang sih pelit, tapi gue masih bisa maklum berhubung di Indo juga nasinya nggak gratis. Nah, biasanya kalo mesti beli sendiri-sendiri begini, terserah pembelinya mau makan pake nasi atau enggak. Yang jelas, harga lauk tentu aja udah termasuk dengan bumbunya.

Dua hari yang lalu, gue nggak sengaja nemu satu resto Asia pas lagi iseng-iseng lewat jalan laen. Hari ini gue dateng ke sono buat nyobain. Ternyata mereka jual nasi sama lauknya terpisah. Nasinya agak mahal, soalnya belinya harus paket nasi plus sayur-sayuran (kubis, ketimun, tomat). Berhubung gue nggak doyan tiga sayuran itu, plus di rumah gue masih ada nasi, gue memutuskan untuk beli dagingnya doang untuk dibawa pulang.

Ternyata sodara-sodara, ada yang janggal dengan cara resto ini berjualan. Saos untuk dagingnya termasuk dalem paket nasi + sayuran. Dengan kata laen, kalo nggak beli nasi nggak bisa dapet saosnya. Ibaratnya sama seperti ini:

Pembeli: "Bang, bakso satu mangkok."
Abang Bakso: "Mau pake bihun atau mie kuning nggak dek?"
Pembeli: "Nggak deh, baksonya aja."
Abang Soto: "Boleh, tapi nggak ada kuahnya ya, soalnya adek kan nggak beli bihun atau mie-nya."


Contoh laennya begini:

Pembeli: "Bang, beli sate sepuluh tusuk."
Abang Sate: "Pake lontong nggak dek?"
Pembeli: "Nggak bang, sate aja."
Abang Sate: *Ngasih satenya sepuluh tusuk*
Pembeli: "Lho Bang, bumbu kacangnya mana?"
Abang Sate: "Adek kan nggak beli lontong, jadi nggak dapet bumbunya."


Coba, nggak masuk akal kan? Akhirnya setelah memohon-mohon sama yang punya resto, gue dikasih saosnya, tapi gue mesti bayar ekstra (masih lebih murah daripada beli nasi sama sayuran sih). Huhuhuhu... Gila, pelit banget nih resto!

6 comments:

  1. aneh pol restonya,.,,tp emang mgkn sengaja dijual paketane gitu biar org2 beli nasi ama sayure juga haha..ga mau rugi dia..

    ReplyDelete
  2. hahahah...
    sumpah aneh banget tuh resto :)

    ReplyDelete
  3. hauhaaahahahahahaah... parah banget tuh ka !! waah... gile.. untung besar-besaran itu mah ! ckckck... sistem rentenir... *sok tau*

    ReplyDelete
  4. hahahaha aneh aneh aja tu reso,xixixi
    o iya tukeran link yuk...ntar klo da di pasang, kc tau aku yahhh, tengkiuu

    ReplyDelete
  5. sekarang udah bisa bro :)
    dicoment" lagi yah ....

    ReplyDelete
  6. gokil.....sumpah gokil tu resto,,


    tukeran link yuks... salam kenal.

    ReplyDelete